
Leadership adalah seni untuk mempengaruhi dan menggerakan orang orang dengan sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan dan kepercayaan.
Pengertian Leadership Menurut Para Ahli:
1. G.L.Feman & E.K.aylor (1950) : suatu kemampuan dalam menciptakan kegiatan kelompok dengan tujuan untuk mencapai visi organisasi dengan efektifitas maksimal dan kerjasama dari masing -masing individu.
2. Georger R. Terry : kegiatan yang mempengaruhi orang-orang agar bersedia untuk berusaha mencapai tujuan mereka bersama.
3. Moejiono (2002) : akibat dari pengaruh yang berlangsung satu arah, dikarenakan pemimpin yang mungkin mempunyai kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya, serta cenderung merupakan pemaksaan atau pendesakan pengaruh yang dilakukan secara tidak langsung, sebagai sarana membentuk suatu kelompok yang sesuai dengan keinginan pemimpin.
4.Ordway Tead (1929) : perpaduan perangai yang memungkinkan individu mempunyai kemampuan khusus untuk mendorong pihak lain agar menyelesaikan tugasnya.
5. Ott (1996) : proses hubungan antarpribadi, yang di dalam hubungan tersebut terdapat seseorang yang berpengaruh terhadap sikap, kepercayaan, khususnya terhadap perilaku orang lain.
6. P. Pigors (1935) : proses saling mendorong, yang dilakukan melalui keberhasilan interaksi dari aneka perbedaan individu, dan dilakukan dengan cara mengontrol daya manusia saat mengejar tujuan bersama.
Gaya Kepemimpinan Yang Efektif:
Tidak Ada satupun cara yang terbaik untuk mempengaruhi perilaku orang orang
Gaya kepemimpinan yang efektif adalah Kepemimpinan yang dapat menyesuaikan dengan tingkat kedewasaan anggota dibawahnya
Kedewasaan anggota dibawahnya terkait kematangan pekerjaan dan psikologi
Kunci Leadership
Pemimpin,Individu manusia yang diamanahkan untuk memimpin subkordinat kearah yang ditujukan.
Tugas Utama Seorang Pemimpin:
- Mengantarkan
- Mengetahui
- Mempelopori
- Memberi Petunjuk
- Mendidik
- Memberi Bimbingan
- Menggerakan Anggotanya
Fungsi Utama Seorang Pemimpin
1. Perencanaan
Seorang pemimpin adalah seseorang yang memiliki segi perencanaan yang baik.
2. Pelaksanaan
Seorang pemimpin harus dapat menjalankan tugas serta dapat mengkondisikan anggotanya dengan baik.
3.Tenaga Ahli
Merupakan seorang yang memiliki wawasan luas baik dibidang yang digeluti maupun non bidangnya.
4. Wakil Kelompok Luar
Sebagai pemersatu koordinasi antar sebuah atau beberapa kelompok yang berada dibawah kepemimpinannya.
5. Pengawas & Pengendali
Sebagai pengawas dan pengendali saat anggotanya melaksanakan tugas yang diberikan.
6. Pelaksanaan Hukuman & Pemberian Pujian
Sebagai Pemberi Hukuman untukk anggota disaat melakukan kesalahan serta melakukan/memberikan pujian kepada anggota yang telah mencapai suatu capaian yang baik
Fungsi Pemimpin
- Pelerai anggota yang berselisih
- Suri tauladan
- Pecinta Ideologi Kelompok
- Penanggung Jawab
Gaya Kepemimpinan
1. Otoriter
Gaya kepemimpinan yang keputusan dan ketetapan yang diambil dari dirinnya sendiri secara penuh
2. Demokrasi
Gaya kepemimpinan yang keputusan dan ketetapan yang kewenangannya dihadapkan kepada anggotanya
3. Bebas
Gaya kepemimpinan yang membebaskan seluruh keputusan dan ketetapannya
Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Pemimpin
- Mengkaji situasi,anggota,tugas,organisasi
- Luwes dalam menggunakan berbagai keterampilan dalam keseluruhan Gaya
- Mempertimbangkan Untuk memodifikasi suatu Hal yang akan diterapkan
Hal Yang Harus Dikenali Oleh Seorang Pemimpin
1. Mengenal Diri Sendiri
2. Kenal akan situasi yang akan dihadapi
3. Memilih gaya yang cocok disituasi tersebut
4. penuhi kebutuhan tugas
5. penuhi kebutuhan kelompok
6. penuhi kebutuhan individu
No comments:
Post a Comment